Orang Sabar vs Orang Tidak Sabar

Orang sabar ibarat pemancing ikan
Orang sabar ibarat orang yang hobby mancing ikan.
Belajarbolatrading.com - Ada pameo Tionghoa berkata, "Orang kaya kalau kentut dianggap serius sementara orang miskin meski berteriak pun dianggap main-main." Artinya apapun yang kalau orang kaya omongin pasti langsung didengar banyak orang meski si orang kaya tersebut hanya bercanda dan main-main. Entah benar apa tidak, anda yang putuskan sendiri. Bagaimana kalau yang berbicara adalah seorang multijutawan Warren Buffett? Pasti akan langsung dicerna dan diperhatikan, bukan? Namanya juga orang kaya. Beliau pernah berkata,
The stock market is a device for transferring money from the impatient to the patient.

Pasar saham adalah alat untuk memindahkan uang atau kekayaan dari mereka yang tidak sabar kepada mereka yang lebih sabar.

Menjadi seorang investor, trader, spekulan atau apapun istilahnya di bisnis-bisnis atau instrumen-instrumen investasi seperti pasar saham, pasar modal, forex, option, binary atau produk-produk lainnya termasuk sport trading, menjadi sabar itu sebuah keharusan dan sangatlah penting. Jika tidak, maka sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Warren Buffett maka hasil yang sudah kita dapatkan bahkan uang yang kita miliki pada akhirnya akan berpindah ke mereka yang jauh lebih sabar dari diri kita. Sebab semua orang yang terjun ke sana akan berebut uang yang sama. Sama-sama merasa paling hebat dan paling pintar, sama-sama merasa punya tools trading yang paling canggih, sama-sama merasa punya trik atau strategi paling keren dan brilian, sama-sama merasa punya pengalaman atau guru yang expert, dsb.

Jika semuanya sama, lalu apa penentu akhirnya? Tak lain adalah masalah waktu! Mereka yang sabar, sabar mengamati tren, sabar melihat pergerakan pasar, sabar menunggu momentum, sabar menahan kerugian sementara; mereka-mereka inilah yang akan menjadi sang juara pada akhirnya! Trading bola pun harus sabar di mana jangan tergoda dari banyaknya laga-laga yang ada di depan layar komputer. Kalah atau rugi satu dua laga hal yang biasa karena targetnya jangka panjang. Begitu juga jika sudah meraup profit atau tercapai target hari itu ya sudahlah. Lanjutkan esok hari atau sesuai strategi yang kita tentukan sendiri. Sepanjang hari, sepanjang bulan dan sepanjang tahun ada musim pertandingan sepakbola, jadi mengapa harus kuatir?

Buatlah gambaran besar yang ingin anda capai tetapi lakukanlah secara bertahap-tahap. Itulah salah satu kunci sukses trading.